Kamis, 01 Desember 2011

Contoh Cerita Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia

    Simaklah sebuah contoh laporan perjalanan berikut ini !

                                      Pesona Wisata Bahari Palembang yang tak terkatakan

    Setiap kali mendengar kata Palembang, yang terbayang pastilah kelezatan pempek dengan cukanya yang menggoyang lidah. Belum lagi bila ditambah dengan tekwan, laksa Palembang, mi telor, martabak har, dan kerupuk panggangnya.
    Tak hanya makanan yang membuat aku selalu teringat akan kota Palembang, tetapi juga keindahan kota Palembang yang dibelah Sungai Musi. Sungai Musi yang mengalir di tengah kota Palembang merupakan objek wisata bahari yang cukup menarik dan mengasyikkan untuk dikunjungi. Di sepanjang Sungai Musi terdapat deretan rumah rakit khas Palembang. Selain menikmati pemandangan khas itu, di Sungai Musi ini banyak sekali para nelayan dengan penuh ketekunan mereka mencari nafkah.
     Bila selama ini orang-orang menyaksikan matahari tenggelam dari pantai, di kota ini kita dapat melihat pemandangan itu dari jembatan Ampera. Sungguh senang rasanya menyaksikan matahari terbenam bila kita juga menyaksikan senja menyapu wajah kota.
      Selain sebagai jalur transportasi bagi nelayan mencari nafkah, Sungai Musi juga kerap dijadikan ajang pertunjukan. Pertunjukan yang sering ditampilkan adalah lomba perahu motor, lomba perahu berhias, dan renang alam. Selain itu, setap tanggal 17 Agustus dan hari jadi kota Palembang 17 Juni, di sungai ini sering di gelar lomba bidar serta pertunjukan air lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar